IMPLEMENTASI MANAJEMEN SEGRESI GENDER DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM
Studi Kasus di Madrasah Diniyah al Ma’ruf Kediri
DOI:
https://doi.org/10.38073/jimpi.v2i2.998Keywords:
Manajemen, Implementasi Manajemen, Gender, Segresi GenderAbstract
Studi ini akan mendeskripsikan implementasi managemen segresi gender di Lembaga Pendidikan Islam khusunya di Madrasah Diniyah al Ma’ruf Kediri. Segresi gender dalam banyak kasus menuai pro dan kontra. Disinilah peneliti menemukan fakta bahwa segresi gender membawa nilai positif selama dilaksanan dengan manajemen yang baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Penelitian ini berksimpulan bahwa implementasi manajemen segersi gender di Madrasah Diniyah al Maruf dilakukan dengan dua cara, pertama, dengan memisahkan kelas santri laki-laki dan santri perempuan secara mutlak dan kedua, dengan memisahkan kelas santri laki-laki dan santri perempuan dengan media “satir”.
Downloads
References
AR, Zaini Tamin, and Subaidi Subaidi. “Implementasi Segregasi Kelas Berbasis Gender Dalam Menaggulangi Interaksi Negatif Siswa Di SMP Al-Falah Ketintang Surabaya.” Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman 9, no. 1 (2019): 30–43.
Lazwardi, Dedi. “MANAJEMEN KURIKULUM SEBAGAI PENGEMBANGAN TUJUAN PENDIDIKAN.” Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam 7, no. 1 (June 1, 2017): 119–25. https://doi.org/10.24042/alidarah.v7i1.1112.
Maspupah, Dede. “Manajemen Segregasi Gender Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di MA Darunnajat Bumiayu Kabupaten Brebes.” Eduvis: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 6, no. 1 (2021): 55–66.
Muafiah, Evi. “Realitas Segregasi Gender Di Pesantren.” In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, 1066–78, 2018.
Nizah, Nuriyatun. “DINAMIKA MADRASAH DINIYAH: SUATU TINJAUAN HISTORIS.” Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 11, no. 1 (March 27, 2016). https://doi.org/10.21043/edukasia.v11i1.810.
Rohmah, Nihayatur. “Segregasi Gender Dalam Pembelajaran Ilmu Falak Di Pesantren Salafiyah Lirboyo Kediri Dan Pesantren Modern Assalam Surakarta Sebagai Upaya Pemberdayaan Peran Perempuan.” Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam Dan Sosial 11, no. 1 (2017): 21–45.
Sidiq, Dr Umar, M Ag, and Dr Moh Miftachul Choiri. “METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN,” n.d.
Thoriquttyas, Titis. “SEGREGASI GENDER DALAM MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM.” Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak 2 (December 20, 2018). https://doi.org/10.21274/martabat.2018.2.2.287-314.
Yuliah, Elih. “Implementasi Kebijakan Pendidikan.” Jurnal At-Tadbir : Media Hukum Dan Pendidikan 30, no. 2 (July 31, 2020): 129–53. https://doi.org/10.52030/attadbir.v30i2.58.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Umar Faizy
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.