Strategi Pemberdayaan Masyarakat Desa dalam Membangun Identitas dan Solidaritas Keagamaan

Authors

  • Ahmad Qusairi Universitas Islam Internasional Darullughah Waddawah Pasuruan
  • Zainal Abidin Universitas Islam Internasional Darullughah Wadda'wah Pasuruan
  • Abdurrahman Ahmad Agil Universitas Islam Internasional Darullughah Wadda'wah Pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.38073/madanika.v1i1.3440

Keywords:

pengabdian masyarakat, pendidikan agama, identitas desa, partisipasi sosial, pemberdayaan

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat merupakan implementasi Tridharma Perguruan Tinggi yang menjembatani ilmu pengetahuan dengan kebutuhan riil komunitas. Kegiatan ini dilakukan di Desa Boto, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, dengan latar belakang adanya persoalan utama berupa lemahnya identitas ruang akibat ketiadaan papan nama gang, keterbatasan kualitas pendidikan agama anak-anak di mushola, serta kegiatan keagamaan yang masih terbatas pada aspek spiritual tanpa diarahkan pada penguatan solidaritas sosial. Permasalahan tersebut menuntut intervensi terstruktur agar potensi desa dapat berkembang secara optimal. Metode yang digunakan adalah pendekatan partisipatif dengan memadukan lima strategi: pendidikan masyarakat melalui penyuluhan dan kajian keagamaan; difusi ipteks dengan pembuatan papan nama gang; pelatihan baca tulis Al-Qur’an menggunakan metode demonstrasi; mediasi untuk mempertemukan aspirasi tokoh agama, aparat desa, dan warga dalam kegiatan sosial-keagamaan; serta advokasi berupa pendampingan generasi muda agar dapat melanjutkan program secara berkelanjutan. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan partisipasi masyarakat dalam kegiatan keagamaan hingga ±50 persen, peningkatan minat belajar anak-anak melalui program BTQ, serta terwujudnya papan nama gang sebagai simbol identitas sosial. Selain itu, kegiatan gotong royong menumbuhkan kepedulian lingkungan, sedangkan perbaikan mushola dan masjid meningkatkan kenyamanan ibadah. Temuan ini menegaskan bahwa intervensi sederhana berbasis partisipatif mampu memperkuat identitas desa, meningkatkan kualitas pendidikan agama, dan memperkokoh solidaritas sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhmad, A., Badruddin, S., Januaripin, M., Salwa, S., & Gaspersz, V. (2024). INOVASI DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN TINGGI: Membangun Masa Depan yang Berkelanjutan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Arifin, L. N. (2022). Implementasi Pelatihan Aplikasi Grafis Pixellab Smartphone Dalam Membangun Kemandirian Remaja Ipnu Desa Sirangkang [Undergraduate_thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan]. http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Jamasy, O., Pranoto, Y., Muhlasin, & Yasin, A. P. (2025). KONSEP DAN MODEL PENDAMPINGAN BERKELANJUTAN UNTUK ORGANISASI BERBASIS MASYARAKAT. Pt Kimhsafi Alung Cipta.

M.Kes, D. S. U., S. Kp, & M.Kes, R. S., A. Per Pen. (2025). Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak dengan Metode HPM. Rizmedia Pustaka Indonesia.

M.M, D. S., S. AP, M. Sc Dr Charly Marlinda, S. E. ,. M. Ak ,. Ak ,. CA Dr Rachmad Chartady, S. E. ,. M. Ak Armansyah, S. E. ,. M. M. Tubel Agusven, S. T. (2025). METODE PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT. Cv. Azka Pustaka.

Nurpajriah, V., & Sudrajat, A. (2023). Peningkatan Mutu Keagamaan Anak Usia Sekolah Melalui Gerakan Maghrib Mengaji di Desa Palimanan Timur, Cirebon. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 11–20. https://doi.org/10.70095/dimasejati.v5i3.13479

Qorib, F. (2024). Tantangan dan Peluang Kolaborasi antara Perguruan Tinggi dan Masyarakat dalam Program Pengabdian di Indonesia. Journal of Indonesian Society Empowerment, 2(2), 46–57. https://doi.org/10.61105/jise.v2i2.119

Siregar, F., Hasibuan, F. F., Ashwarina, N., Siregar, R. A. P., & Astuti, R. F. (2025). Peran Strategis IPNU dalam Membangun Karakter Generasi Muda. At-Tadris: Journal of Islamic Education, 4(1), 36–47. https://doi.org/10.56672/attadris.v4i1.450

Syafi’i, M., Musthofa, M. A., Marwendi, R. O., Yusuf, M., & Nilfatri. (2025). Efektivitas Program Rumah Restorative Justice Desa dalam Pencegahan dan Penanganan Konflik Sosial Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus di Desa Pematang Rahim Kecamatan Mendahara Ulu). Arus Jurnal Sosial dan Humaniora, 5(2), 987–993. https://doi.org/10.57250/ajsh.v5i2.1322

Triana, R., Ribowo, S., & Rokim, S. (2025). INTEGRASI TIGA PILAR: PENDIDIKAN, KESEHATAN, DAN KEAGAMAAN DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA TELUKPINANG MENUJU KEMANDIRIAN DAN SPIRITUALITAS. Khidmatul Ummah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(01), 1–10. https://doi.org/10.30868/khidmatul.v6i01.8788

Downloads

Published

19-06-2025