Konsep Pendidikan Agama Pada Anak Usia Dini (Dalam Tinjauan Psiko-Pedagogis)

Authors

  • Imaduddin Imaduddin Institut Agama Islam Darullughah Wadda'wah Pasuruan
  • Zainal Abidin Bilfaqih Institut Agama Islam Darullughah Wadda'wah Pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.38073/adabuna.v1i2.227

Keywords:

Pendidikan, Anak Usia Dini, Psiko-Religius

Abstract

Setiap anak yang terlahir ke dunia ini menurut pandang islam telah membawa fitrah islamiyah. Maka setiap orang tua muslim wajib menyelematkannya dengan usaha-usaha yang nyata. Yang dimaksud dengan fitrah yaitu potensi sang anak terhadap akidah islamiyah dalam artian siap menjadi manusia yang berpedoman islam dalam kehidupannya. Fitrah beragama pada fase usia dini itu akan berkembang seiring dengan perkembangan yang dilalui manusia. Pada konteks ini perkembangan berarti serangkaian perubahan progesif yang terjadi sebagai akibat dari proses kematangan dan pengalaman. Hal itu benar bahwa sewaktu anak lahir, ia belum memiliki kesadaran ber-agama. Lewat kontak dengan lingkungan hidupnya, hubungan dengan orang tuanya, keluarganya serta masyarakat sekitarnya, kesadaran beragama tahap demi tahap bergerak maju menuju kematangan. Apabila sudah matang pada akhirnya akan meraih predikat insan kamil tanpa menafikan adanya tantangan dan gangguan yang cepat mengubah warna kehidupan dan menyimpang dari realisasi fitrah dasar tersebut.

Pendidikan rohani bagi anak merupakan modal utama yang dapat mempengaruhi jiwa anak dalam menuju perkembangannya. Bila pendidikan ini tidak dijalankan oleh pendidik atau orang tua, anak akan nakal, sukar diatur dan kemungkinan anak tersebut akan jauh dari agama. Oleh karena itu tepatlah apabila kita segera mencari landasan yang kokoh yang ditanamkan sejak usia dini. Agar pendidikan anak tidak terlumuri dengan perlakuan kotor. Dalam islam sendiri kita menemukan dua konsep ajaran Rasulullah SAW yang maknanya sangat padat dan memilik kaitan erat dengan tujuan pendidikan yaitu “IMAN DAN TAQWA” kedua konsep itu tidak dapat dipisahkan. Taqwa merupakan asas, sedangkan Iman merupakan pernyataan pembenaran dengan kalbu sehingga manusia terbebas dari perbuatan dosa. Penelitian ini bertujuan untuk bagaimana sang pendidik bisa mendidik anak pada usia dini dengan berdasarkan agama dengan menselaraskannya dalam psiko-pedagogisnya. Penelitian ini adalah jenis penelitian library research yaitu penelitian yang menjadikan literatur (buku-buku) sebagai bahah rujukan, kemudian diusahakan adanya penjelasan dan analisa terhadap data tersebut. Dari semua hasil data yang telah terkumpul Konsep Pendidikan Agama Pada Anak Usia Dini (Dalam Tinjauan Psiko-Pedagogis) yaitu : Sang Pendidik atau Orang Tua dapat menentukan anak disaat ia masih usia dini, kedua orang tua bertanggung jawab untuk merawat, mengasuh dan mendidik anaknya dengan penuh perhatian tanpa terkecuali sehingga menjadi anak yang beragama, bertaqwa, sehat jasmani dan rohani, cerdas, terampil, aktif, kreatif, sopan, penyayang, bertanggung jawab serta tanggap terhadap tantangan zaman.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-06-06

How to Cite

Imaduddin, Imaduddin, and Zainal Abidin Bilfaqih. 2022. “Konsep Pendidikan Agama Pada Anak Usia Dini (Dalam Tinjauan Psiko-Pedagogis)”. Adabuna: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran 1 (2):97-127. https://doi.org/10.38073/adabuna.v1i2.227.