Lingkungan Industri Media Islam
DOI:
https://doi.org/10.38073/wasilatuna.v1i1.99Keywords:
Kata Kunci: lingkungan, industri, media IslamAbstract
Lingkungan mempunyai relasi kuat, bahkan memberikan kontribusi besar dalam dinamika industri media Islam. Tulisan ini bertujuan untuk mengungkap lingkungan industri media Islam yang dapat dijelaskan sebagai segala situasi dan upaya yang eksis, baik di dalam maupun di luar semua proses, yang akan memberikan pengaruh pada kebijakan dari suatu industri media Islam dalam mengatur aktivitas bisnis di masa yang akan datang. Lingkungan industri media Islam dibagi dua, yaitu; lingkungan internal dan lingkungan eksternal. Lingkungan internal industri media Islam antara lain, pemilik, manajer, karyawan dan lingkungan fisik. Sementara lingkungan eksternal industri media Islam dibagi dua, yaitu; lingkungan mikro dan lingkungan makro. Berikut ini lingkungan mikro industri media Islam, khalayak media dan pesaing. Selain lingkungan mikro, juga ada lingkungan makro. Faktor makro umumnya lebih terkendali daripada faktor lingkungan mikro, yaitu; faktor ekonomi, faktor sosial-budaya, faktor politik, faktor hukum dan faktor teknologi.