Analisis Keputusan Pembelian Secara Online Pada Situs Toserba Pesantren.blogspot.com

Authors

  • Mohammad Rofiuddin Institut Agama Islam Darullughah Wadda’wah Bangil Pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.38073/wasilatuna.v1i1.95

Keywords:

Kata Kunci : Keputusan pembelian, kepercayaan, kemudahan dan kualitas informasi

Abstract

Toserbapesantren.blogspot.com merupakan salah satu blog/ website yang menjual alat musik tradisional Islami. Meskipun usia blog/website tersebut baru setahun lebih beberapa bulan, berdasarkan hasil wawancara kepada pemilik usaha omset yang dihasilkan mampu tembus di angka rata-rata 40 sampai dengan 70 Jt/bulan. Namun menurut data penjualan 5 bulan terakhir omset menurun cukup tinggi. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis :  1). Untuk analisis bagaimana dan seberapa besar pengaruh kepercayaan terhadap keputusan pembelian secara online, 2). Untuk analisis bagaimana dan seberapa besar pengaruh kemudahan terhadap keputusan pembelian secara online, 3). Untuk analisis bagaimana dan seberapa besar pengaruh kualitas informasi terhadap keputusan pembelian secara online. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen toko online Toserba Pesantren yang berjumlah 41 orang responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan bantuan software Smart PLS 2.0 M3. Hasil penelitian Menyimpulkan bahwa (1) Kepercayaan memberi kontribusi untuk meningkatkan Keputusan Pembelian. (2) Kemudahan memberi kontribusi untuk meningkatkan  Keputusan Pembelian. (3) Kualitas Informasi tidak memberi kontribusi terhadap Keputusan Pembelian

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

30-09-2018

Issue

Section

Articles