Pola Komunikasi Interpersonal Guru Madrasah Diniyah dalam Menanamkan Nilai-Nilai Islam di Era Generasi Milenial

Authors

  • Mukhamad Ainul Yaqin Institut Agama Islam Darullughah Wadda'wah Bangil Pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.38073/wasilatuna.v2i1.375

Keywords:

Komunikasi Interpersonal, Guru, Era Generasi Milenial

Abstract

Tujuan dalam penelitian yaitu untuk mengetahui pola komunikasi interpersonal guru Madrasah Tarbiatus Shibyan dalam menanamkan nilai-nilai Islam  di era generasi milenial. Pola komunikasi interpersonal terdidi dari pendukung, penghambat dan upaya penyelesaian dalam berkomunikasi antara guru dan murid. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif bersifat khusus untuk memaparkan dan menceritakan keadaan yang ada. Lokasi penelitian berada di Madrasah Diniyah Tarbiatus Shibyan Pandanrejo Pasuruan. Sebagai subjek penelitian yaitu pola komunikasi dan objek yaitu guru kelas 5 di Madrasah Tarbiatus Shibyan. Analisis data menggunakan analisis trianggulasi dari data yang dihasilkan baik data primer atau data sekunder. Hasil analisis  menunjukkan bahwa pola komunikasi interpersonal yang diterapkan yaitu membuat suasana belajar mengajar yang nyaman dan  komunikasi sebagai pengendali proses belajar mengajar.  Faktor pendukung dalam proses komunikasi yaitu motivasi guru yang membangun dalam penanaman nilai-nilai Islam dan perkembangan teknolgi sebagai media komunikasi. Faktor penghambat dalam proses komunikasi interpersonal yaitu  kesulitan murid dalam menerima pembelajaran, Perkembangan teklologi yang kurang terkontrol, dan kejenuhan murid. Solusi yang dapat mengatasi hambatan tersebut yaitu melakukan pendekatan dengan murid dan orangtua dan memberikan hadiah pada murid yang berprestasi. 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

18-04-2019

Issue

Section

Articles