PERSUASIVE COMMUNICATION TECHNIQUES
(Study of Dakwah Prof. Moh Ali Aziz at Al Akbar TV Channel)
DOI:
https://doi.org/10.38073/wasilatuna.v6i02.1279Keywords:
dakwah, persuasif, komunikasi persuasifAbstract
Artikel ini akan membahas tentang Komunikasi Pursuasif yang dilakukan oleh Ali Aziz ketika dia menyampaiakan materi khotbahnya di Masjid Al Akbar Surabaya. Komunikasi persuasif merupakan teknik ceramah untuk mengajak mad'u berbuat kebaikan dengan kalimat-kalimat perintah namun diperhalus. Biasanya komunikasi jenis ini menggunakan pendekatan kepada mad’u secara psikologis. Komunikasi persuasif ini sering digunakan oleh para pendakwah dalam melakukan ceramah. Karena merupakan salah satu cara mudah untuk mendekatkan diri kepada mad'u. Sehingga materi ceramah yang disampaikan dapat dengan cepat dipahami.. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis conten yang ada pada video yang telah diupload oleh admin Al Akbar TV yang berada dibawah naungan dan Kepeengurusan Masjid Al Akbar Surabaya. Hasil dari penelitian ini dai menggunakan berbagai teknik komunikasi persuasif : pertama Teknik pay-off. Kedua Teknik Integrasi. Ketiga, Teknik Arroushing dan yang Keempat Teknik Komunikasi Persuasif icing.
Kata Kunci: Dakwah, Persuasif, Komunikasi Persuasif,
Downloads
References
As, Enjang, and Aliyudin. “Dasar-Dasar Ilmu Dakwah, Pendekatan Filosofis Dan Praktek.” Jurnal Ilmu Dakwah 05, no. 17 (2011): 8.
Dasar, Falsafah Konsep-konsep. “Falsafah Dan Konsep-Konsep Dasar Komunikasi Persuasif,” n.d., 1–41.
Dia, Kelaut, and Sri Wahyuni. “Teknik Komunikasi Persuasif Buya Yahya Pada Ceramah ‘Apa Dan Bagaimana Hijrah Itu?’” Realita : Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam 19, no. 1 (2022): 66–83. https://doi.org/10.30762/realita.v19i1.3411.
Effendy, and Onong Uchjana. Dinamika Komunikasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2008.
“Erin Derostiani Hermawan , ‘ Khitobah Walimah Sebagai Model Tabligh ’ Studi Deskriptif Tentang Khitobah Ustadz Jumdia Pada Momentum Aqiqah Di Kampung Cileunca Kabupaten Bandung Barat . Kata Kunci ( Khitobah , Walimah , Aqiqah ),” n.d.
Hajar, Siti Aisyah, and Muhammad Syukron Anshori. “Strategi Komunikasi Persuasif Farah Qoonita Dalam Menyampaikan Dakwah Melalui New Media.” Aksiologi : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial 1, no. 2 (2021): 62–66. https://doi.org/10.47134/aksiologi.v1i2.12.
Ismail, A. Ilyas, and Prio Hotman. “Filsafat Dakwah (Rekayasa Membangun Agama Dan Peradaban) Islam.” In Kencana Prenada Media Group, Jakarta, 306, 2011. www.prenadamedia.com.
Joseph, A. Devito. “Komunikasi Antarmanusia.” In Tangerang Selatan: Karisma Publishing Group, 387, 2010.
Juliadi, Hafied Cangara, and Tuti Bahfiarti. “Semiotika Simbol Komunikasi Non Verbal Jamaah An-Nadzir Dalam Menyebarluaskan Ideologi Islam Di Kabupaten Gowa.” KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi 7, no. 1 (2018): 150–57.
Komara, Erwan. “Komunikasi Persuasif Dakwah Dr. Zakir Naik.” Buana Komunikasi : Jurnal Penelitian Dan Studi Ilmu Komunikasi 01, no. 02 (2021): 27–41.
Muhiddin, Asep. “Dakwah Dalam Perspektif Al-Qura’an: Studi Kritis Atas Visi, Misi Dan Wawasan.” In Bandung : Pustaka Media, 19, 2002.
Nasor, M. “Teknik Komunikasi Dalam Perubahan Sosial.” Ijtimaiyya 6, no. 1 (2013): 77–78.
Retorika, Analisis, Khotbah Jumat, and D I Masjid. “PENDAHULUAN Retorika Berarti Kesenian Untuk Berbicara Baik , Yang Dicapai Berdasarkan Bakat Alam ( Talenta ) Dan Keterampilan Teknis ( Ars , Techne ). Retorika Diartikan Sebagai Kesenian Untuk Berbicara Baik , Yang Dipergunakan Dalam Proses Komunikasi Ant,” 2020.
Ridwan, Aang. “Ragam Khitobah Ta’tsiriyah; Sebuah Telaah Ontologis.” Jurnal Ilmu Dakwah 5, no. 17 (2011): 197–232.
Rohman, Fathur. “DAKWAH BI AL-KITABAH (Analisis Komunikasi Persuasif Dalam Novel Islam Anak Rantau).” Ath Thariq Jurnal Dakwah Dan Komunikasi 04, no. 01 (2020): 20–43.
S, Samsinar, and Aisyah Nur A. Rusnali. “Komunikasi Antar Manusia.” In STAIN Watampone, 1–194, 2017.
Sakdiah, Halimatus. “Urgensi Interpersonal Skill Dalam Dakwah Persuasif.” Jurnal Ilmu Dakwah 35, no. 1 (2017): 1–14. https://doi.org/10.21580/jid.v35.1.1230.
Wahidah, Yusri, and Muhammad Fatikhun. “Pembangunan Keahlian Public Speaking Melalui Kegiatan Khitobah Di Pondok Pesantren Asaasunnajah Kesugihan Cilacap.” Hujjah : Jurnal Ilmiah Komunikasi Dan Penyiaran Islam 6, no. 2 (2022): 108–22.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Samsul Arifin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.