PENGARUH PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP KEPEDULIAN SOSIAL SISWA DI MTsN 8 HULU SUNGAI SELATAN KALIMANTAN SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.38073/jpi.v10i1.605Keywords:
Kata Kunci : Pembelajaran Akidah Akhlak, Kepedulian SosialAbstract
Penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan kuantitatif atau analisis data statistik. Adapun instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah berupa angket. Adapun hasilnya adalah: 1) Pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak di MTsN 8 Hulu Sungai Selatan termasuk dalam kategori sangat baik. 2) Kepedulian sosial siswa di MTsN 8 Hulu Sungai Selatan menunjukkan hasil persentase sebesar 86,95% dan berada pada kriteria persentase 75%-100% sehingga termasuk dalam kategori sangat baik. 3) Adapun hasil analisis menggunakan rumus product moment dinyatakan bahwa ada pengaruh pembelajaran akidah akhlak terhadap kepedulian sosial siswa di MTsN 8 Hulu Sungai Selatan. Dan menggunakan uji regresi linier sederhana untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tersebut, sehingga didapatkan hasil dengan koefisien determinasi sebesar 31,1%. Yang berarti semakin intensif dan menarik pembelajaran akidah akhlak maka semakin tinggi pula kepedulian sosial siswa.
Downloads
References
Muchlas Samani, Konsep dan Model Pendidikan Karakter, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2003).
Muhammad Alim, Pendidikan AgamaIslam (Upaya Pembentukan
Pemikiran dan Kepribadian Muslim), (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011).
-----------Pendidikan Agama Islam, (Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim), (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011).
Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta:Bumi Aksara, 1995).
Suharsimi Arikanto, Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta: Rineka Cipta, 2013).
Zuhairi et al , Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, Edisi Revisi, (Jakarta: Rajawali Press, 2016)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Vialinda Siswati, Lutfi Rachman, Zainati Khairiah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.