TAḤFĪẒ ONLINE
(Studi Menghafal Al-Quran Pada Masa Pandemi Covid-19 di MIS Ubudiyah Medan)
Keywords:
Taḥfīẓ, Online, Al-Qur’an, Pembelajaran, Covid-19Abstract
Pembelajaran taḥfīẓ online di masa Covid-19 mempunyai masalah dari sebagian aspek penerapannya, di antaranya kurangnya minat orangtua dalam membimbing anaknya untuk mengikuti program taḥfīẓ online, dan model pembinaan menghafal yang kurang tepat. Penelitian ini bertujuan menganalisis model pembelajaran taḥfīẓ yang dilaksanakan secara online, faktor pendukung dan penghambatnya. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, penelitian ini dilaksanakan di MIS Ubudiyah Medan. Hasilnya menunjukkan bahwa program taḥfīẓ di MIS Ubudiyah Medan menggunakan metode waḥdah, kitābah, simā’i, gabungan atau metode jama’. Model Pembelajaran taḥfīẓ Qur’an yang dilakukan secara online yakni model ḥalāqah, bimbingan, pembiasaan, reward dan punishment. Kompetensi pendidik yang memadai dari segi pengajaran dan penggunaan teknologi, dan fasilitas bantuan paket internet yang diberikan oleh pihak sekolah menjadi faktor pendukung pembelajaran ini. Walaupun kurangnya perhatian orang tua dalam mendampingi anak belajar, keterbatasan jaringan internet menjadi faktor penghambat pembelajaran ini dilaksanakan di tengah mewabahnya penyebaran virus Covid-19.
Downloads
References
Al-Qardhawi, Dr Yusuf. Bagaimana Berinteraksi Dengan Al-Qur’an. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 1999.
An-Naisaburi, Imam Abul Husain Muslim bin Al-Hajjaj bin Muslim bin Kausyaz Al-Qusyairi. Shahih Muslim. Beirut: Dar Al-Fikr, 1992.
Anwar, Muhammad Khoirul. “Rasm Usmani Dan Metode Penulisannya (Telaah Kodifikasi Al-Quran Dan Perkembangan Rasm Usmani Dari Zaman Usman Hingga Sekarang).” Jurnal Ilmiah Citra Ilmu 13, no. 26 (2017): 149–57.
Damanik, Nurliana. “KONSEP SYAFA’AT DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN AL-HADIS.” SHAHIH (Jurnal Kewahyuan Islam) 1, no. 1 (2018).
Dewi, Tri Ratna. “PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI MI MA’ARIF BEGO MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA.” UIN Sunan Kalijaga Yoykarta, 2016.
Ferguson, Jessica, Joelle I Rosser, Orlando Quintero, Jake Scott, Aruna Subramanian, Mohammad Gumma, Angela Rogers, and Shanthi Kappagoda. “Characteristics and Outcomes of Coronavirus Disease Patients under Nonsurge Conditions, Northern California, USA, March–April 2020.” Emerging Infectious Diseases 26, no. 8 (2020): 1679.
Gus Arifin and Suhendri Abu Faqih. Al-Qur’an Sang Mahkota Cahaya. Surabaya: Elex Media Komputindo, 2010.
Harahap, Aminullah. “Wawancara Penelitian.” Medan: MIS Ubudiyah Medan, 2020.
Hidayah, Nurul. “Strategi Pembeajaran Tafidz Di Lembaga Pendidikan.” Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 1 (2016): 63–81.
———. “Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Di Lembaga Pendidikan.” Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 1 (2016): 63–81.
Kemendikbud. Surat Edaran 03 tahun 2020 tentang pencegahan Covid-19 pada satuan pendidikan. (2020).
———. Surat Edaran Nomor 02 tahun 2020 tentang pencegahan interaksi fisik secara langsung (2020).
Lubis, Masruroh, Dairina Yusri, and Media Gusman. “PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS E-LEARNING (Studi Inovasi Pendidik MTS. PAI Medan Di Tengah Wabah Covid-19).” Fitrah: Journal of Islamic Education 1, no. 1 (2020): 1–15.
Lubis, Rahmat Rifai. “Optimalisasi Kecerdasan Spiritual Anak.” Jurnal Al-Fatih 1, no. 1 (2018): 1–18.
Lubis, Rahmat Rifai, Nana Mahrani, Darwis Margolang, and Muhammad Shaleh Assingkily. “Pembelajaran Al-Qur’an Era Covid-19: Tinjauan Metode Dan Tujuannya Pada Masyarakat Di Kutacane Aceh Tenggara.” KUTTAB 4, no. 2 (2020).
Lubis, Rahmat Rifai, and Miftahul Husni Nasution. “Implementasi Pendidikan Karakter Di Madrasah.” JIP (Jurnal Ilmiah PGMI) 3, no. 1 (2017): 15–32.
Makarim, Nadiem anwar. Surat Edaran Mendikbud No. 4 Tahun 2020 tetang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19 (2020).
Mashud, Imam. “MENINGKATKAN KEMAMPUAN DALAM SETORAN HAFALAN AL-QUR’AN MELALUI METODE TALAQQI PADA SISWA KELAS VIB SEKOLAH DASAR ISLAM YAKMI TAHUN 2018.” NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran 3, no. 2 (2019): 347–58.
Putro, Khamim Zarkasih, Muhammad Adly Amri, Nuraisah Wulandari, and Dedek Kurniawan. “Pola Interaksi Anak Dan Orangtua Selama Kebijakan Pembelajaran Di Rumah.” Fitrah: Journal of Islamic Education 1, no. 1 (2020): 124–40.
Quraish, Shihab M. Tafsir Al-Misbah. Jakarta: Lentera Hati. Vol. 1, 2002.
Rauf Abdul Aziz Abdul. Kiat Sukses Menjadi Hafidz Qur’an Da’iyah. 4th ed. Bandung: Pt Syaamil Cipta Media, 2004.
Raya, Moch Khafidz Fuad. “Kajian Psikologis Taḥfiẓ Al-Qur’an Anak Usia 6-12 Tahun.” Jurnal Pendidikan Islam 9, no. 1 (July 30, 2019): 1–11. https://doi.org/10.38073/jpi.v10i1.198.
Rusadi, Bobi Erno. “Tahfiz Online: Sarana Menghafal Alquran Secara Online.” Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam 12, no. 1 (2020): 18–33.
Syah, Rizqon H. “Dampak Covid-19 Pada Pendidikan Di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, Dan Proses Pembelajaran.” SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-i 7, no. 5 (2020): 395–402. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314.
Ulya, Septianawati, and M Ag Sukirman. “PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TAHFIDZ ALQURAN DI MIN TANON SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017.” IAIN Surakarta, 2017.
Wasyik, Torikhul, and Abdulloh Hamid. “IMPLEMENTASI E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN ALQURAN ERA COVID-19 DI SANGGAR TAHFIDZ ENTREPRENEUR KRIAN SIDOARJO.” EDUDEENA: Journal of Islamic Religious Education 4, no. 1 (2020).
Yūnus, Maḥmūd. Kamus Arab-Indonesia. Hidakarya Agung, 1989.