Sejarah Orientasi Pendidikan Islam di Indonesia (Dari Masa Kolonial Hingga Orde Baru)

Authors

  • Moch. Khafidz Fuad Raya Institut Agama Islam Darullughah Wadda'wah Pasuruan

Keywords:

Orientasi Pendidikan Islam, Kolonial, Orde Lama, Orde Baru

Abstract

Berdasar catatan sejarah memperlihatkan bahwa pertumbuhan pendidikan Islam di Indonesia mengalami pasang surut sejak kedatangan kolonialisme Barat di akhir abad ke-16. Pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam pertama harus mendapat ujian berat menghadapi pemerintah kolonial yang begitu menekan pesantren, di masa ini pendidikan Islam “dianak tirikan” dengan Sekolah Kolonial yang didirikan oleh pemerintah Belanda; orientasi pendidikan Islam masa kolonial sebagai upaya mobilisasi masyarakat melawan penjajahan kolonial. Sedangkan di zaman Orde Lama, orientasi pendidikan Islam bertujuan mengembalikan lembaga pendidikan Islam atas dominasi dualisme “Sekolah Agama” dengan “Sekolah Umum” dengan dibentuknya madrasah untuk menghapus paradigma masyarakat tentang dikotomi tersebut. Usaha-usaha tersebut kemudian dilanjutkan di masa Orde Baru yang orientasinya untuk menyamakan posisi madrasah dengan sekolah umum melalui berbagai kebijakan penyetaraan, termasuk kebijakan secara konstitusional (perundang-undangan), kebijakan secara kelembagaan dengan “me-Negeri-kan” madrasah swasta dan madrasah yang berada di dalam pesantren secara berkala dan berkelanjutan; serta kebijakan kurikulum pada porsi muatan materi keagamaan dengan materi umum.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-07-13

How to Cite

Raya, Moch. Khafidz Fuad. 2020. “Sejarah Orientasi Pendidikan Islam Di Indonesia (Dari Masa Kolonial Hingga Orde Baru)”. Jurnal Pendidikan Islam 8 (2):228-42. https://ejournal.uiidalwa.ac.id/index.php/jpi/article/view/202.

Issue

Section

Articles