Nilai Pendidikan Islam pada Komunitas Majelis Ṣalawāt Syekhermania di Mataraman Jawa Timur dalam Menumbuhkan Nasionalisme
Keywords:
Majelis Ṣalawāt, Syekermania, Nasionalisme, Nilai Pendidikan IslamAbstract
Artikel ini mendeskripsikan nilai pendidikan Islam majelis ṣalawāt Habib Syekh Bin Abdul Qodir Assegaf dalam menumbuhkan Nasionalisme di daerah Mataraman, Jawa Timur. Studi ini penting dilakukan karena dalam banyak kasus, isu nasionalisme sering diperbincangkan publik. Beberapa riset yang telah dilakukan menunjukan bahwa di beberapa daerah, generasi muda (remaja) mulai meragukan Pancasila sebagai dasar negara. Bahkan, ideologi bangsa (Pancasila) sering dipertentangkan dengan ideologi agama (Islam). Jika dibiarkan kondisi ini akan sangat berbahaya bagi keberlangsungan suatu bangsa. Keberadaan majelis ṣalawāt Habib Syekh menjadi penting dalam rangka menumbuhkan nasionalisme. Apalagi komunitas pecinta Habib Syekh yang disebut “Syekhermania” mencapai ribuan orang dan berusia remaja. Basis utama “Syekhermania” adalah daerah Mataraman, Jawa Timur. Komunitas ini terbentuk atas inisiatif kesadaran sendiri. Dengan kata lain, komunitas ini lahir bukan dibentuk oleh “Top Down” tetapi “Bottom Up”. Mereka adalah aset bangsa yang kelak meneruskan estafet kepemimpinan bangsa Indonesia. Dalam beberapa kegiatan majelisnya, Habib Syekh secara terbuka mengajak jamaahnya untuk mencinta terhadap bangsa dan negaranya. Setiap kali Habib Syekh tampil di panggung, dalam akhir acara selalu menyanyikan lagu-lagu nasioalisme. Lagu-lagu yang dinyanyikan tersebut disadari atau tidak merupakan bagian penting dalam menanamkan nasionalisme.
Downloads
References
Horikoshi, Hiroko. Kyai Dan Perubahan Sosial. Jakarta: Perhimpunan Pengembangan Pesantren dan Masyarakat, 1987.
Ines Fiera Wijayanti, 3312413078. “Pemikiran Habib Luthfi Bin Yahya Tentang Nasionalisme.” Other, Universitas Negeri Semarang, 2017. https://lib.unnes.ac.id/31915/.
Irawan, Bambang. The Power of Shalawat. Solo: Tiga Serangkai, 2008.
Isrofil, Muhammad. “Peran Sosial Habib Dalam Komunitas Sosial (Studi Kasus Di Majelis Ilmu & Dzikir Ar-Raudhah Surakarta).” Sosialitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sosiologi-Antropologi 5, no. 2 (2015): 164848.
Mauladdawilah, Abdul Qadir Umar. Gema Sholawat & Dakwah Nusantara. Malang: Pustaka Basma, 2015.
Mawardi, Kholid. “Shalawatan: Pembelajaran Akhlak Kalangan Tradisionalis.” INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan 14, no. 3 (2009): 500–511. https://doi.org/10.24090/insania.v14i3.366.
Muhtarom, Ali. “Peningkatan Spiritualitas Melalui Zikir Berjamaah (Studi Terhadap Jamaah Zikir Kanzus Sholawat Kota Pekalongan, Jawa Tengah).” ’Anil Islam: Jurnal Kebudayaan Dan Ilmu Keislaman 9, no. 2 (December 31, 2016): 247–67.
Negara, Brian Mitra. “Pesan Dakwah Habib Luthfi Bin Yahya Dalam Membangun Jiwa Nasionalisme Jama’ah Kanzus Sholawat: Analisis Semiotik.” PhD Thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya, 2018.
Rosyid, Nur. “Bershalawat Bersama Habib: Transformasi Baru Relasi Audiens Muslim NU Di Indonesia.” Jantra VII, no. 2 (2012): 135–44.
Suharto, Toto. “Indonesianisasi Islam: Penguatan Islam Moderat Dalam Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia.” Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam 17, no. 1 (May 24, 2017): 155–78. https://doi.org/10.21154/altahrir.v17i1.803.
Suryaningrum, Dirana Sofiah, Muslihin Amali, and Andy Hadiyanto. “Pandangan Anggota Rohis SMA Tentang Radikalisme Agama (Studi Komparatif Rohis SMA Labschool Jakarta Dan SMKN 26 Jakarta).” Jurnal Studi Al-Qur’an 13, no. 1 (January 2, 2017): 34–47. https://doi.org/10.21009/JSQ.013.1.03.
Wicaksono, Ferri. “Kiai Kharismatik Dan Hegemoninya (Telaah Fenomena Habib Syech Bin Abdul Qadir Assegaf).” Jurnal Pemerintahan Dan Politik 3, no. 3 (May 23, 2019). https://doi.org/10.36982/jpg.v3i3.678.
Zahid, Moh. “ISLAM WAHIDIYAH (Ajaran Dan Pengamalan Shalawât Wahidiyah Dalam Mainstream Islam Masyarakat Madura).” Al-Ihkam: Jurnal Hukum Dan Pranata Sosial 7, no. 2 (2014): 383–400.
Zamhari, Arif. Rituals of Islamic Spirituality : A Study of Majlis Dhikr Groups in East Java. ANU Press, 2010. https://library.oapen.org/handle/20.500.12657/33633.