Kajian Psikologis Taḥfiẓ Al-Qur’an Anak Usia 6-12 Tahun

Authors

  • Moch. Khafidz Fuad Raya Institut Agama Islam Darullughah Wadda'wah Pasuruan

Keywords:

menghafal Al-Qur’an, anak usia 6-12 tahun, psikologis

Abstract

Melihat sejarah perkembangan dunia Islam dalam upaya pemeliharaan Al-Qur’an sampai akhir zaman melalui Taḥfiẓ al-Qur’an, rupanya telah menginspirasi pendidikan Islam saat ini. Program Taḥfiẓ al-Qur’an yang saat ini digandrungi oleh masyarakat sebagai program unggulan yang ditawarkan oleh lembaga pendidikan Islam telah membuat laju perkembangan pendidikan Islam meningkat. Program ini bukan hanya diminati oleh orang dewasa yang mempunyai keinginan menghafal Al-Qur’an tetapi juga dari level anak-anak seusia 6-12 tahun. Peningkatan animo orang tua untuk mengikutsertakan anaknya ke dalam program Taḥfiẓ al-Qur’an harus diapreasiasi, namun para pendidik dan orang tua juga harus memperhatikan kondisi psikologis perkembangan anak seusia 6-12 tahun. Perlu kajian lebih lanjut mengenai kondisi psikologis anak dalam menghafal Al-Qur’an, jangan sampai kegiatan tambahan ini akan membebani anak diusia mereka dan menghilangkan jatidiri mereka sebagai anak diusia tersebut; melihat pertimbangan kepadatan waktu pendidikan yang ditempuh anak di pendidikan formal seperti di sekolah dasar, ekstrakurikuler, dan pendidikan lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmed, Wahaj D. “On Scientific Miracles in the Qur’an.” JIMA 42 (2010): 54.
Al Hafidz, Ahsin W., and KH Muntaha Al Hafidz. Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Bumi Aksara, 1994.
Al-Qardhawi, Dr Yusuf. Bagaimana Berinteraksi Dengan Al-Qur’an. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 1999.
Al-Sha’rawi, Syaykh Muhammad Mitwalli. “The Miracles of the Quran.” Baker Street, London: Dar Al-Taqwa Ltd, 1980.
Artanto, Duma Rachmat. “Konsep Tuhan pada Anak Usia Akhir Operasional Konkret.” Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi 11, no. 21 (January 16, 2006): 5–21. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol11.iss21.art1.
Boyle, Helen N. “Memorization and Learning in Islamic Schools.” Comparative Education Review 50, no. 3 (August 1, 2006): 478–95. https://doi.org/10.1086/504819.
Dian Ibung. Stres Pada Anak (usia 6 - 12 Tahun). Jakarta: Elex Media Komputindo, 2008.
Febrianingsih, Dian. “Sejarah Perkembangan Rasm Utsmani.” AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman 2, no. 2 (January 5, 2016): 293–311.
Fuad, Nashori. “Potensi-Potensi Manusia.” Seri Psikologi Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, Cet. II, 2005.
Goldstein, Sam, and Robert B. Brooks. “Resilience in Children.” New York: Springer. Gooding, HC, Milliren, CE, Austin, SB, Sheridan, MA, & McLaughlin, KA (2016). Child Abuse, Resting Blood Pressure, and Blood Pressure Reactivity to Psychological Stress. Journal of Pediatric Psychology 41 (2005): 5–12.
Gus Arifin, and Suhendri Abu Faqih. Al-Qur’an Sang Mahkota Cahaya. Surabaya: Elex Media Komputindo, 2010.
Harms, Ernest. “The Development of Religious Experience in Children.” American Journal of Sociology 50, no. 2 (September 1, 1944): 112–22. https://doi.org/10.1086/219518.
Ichsan, Muhammad. “Sejarah Penulisan dan Pemeliharaan Al-Qur’an pada Masa Nabi Muhammad SAW dan Sahabat.” SUBSTANTIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin 14, no. 1 (April 11, 2012): 1–8. https://doi.org/10.22373/subtantia.v14i1.4833.
Iida, Yukako, Makoto Miyazaki, and Sunao Uchida. “Developmental Changes in Cognitive Reaction Time of Children Aged 6–12 Years.” European Journal of Sport Science 10, no. 3 (May 1, 2010): 151–58. https://doi.org/10.1080/17461390903515162.
Jasmi, Kamarul Azmi. “Al-Quran Satu Mukjizat Yang Menakjubkan.” Penciptaan Manusia Dari Perspektif Al-Quran. Skudai, Johor Bahru: Universiti Teknologi Malaysia Pres, 2013.
Machmud, Ammar. Kisah Penghafal Al-Qur`an. Surabaya: Elex Media Komputindo, 2015.
Naglieri, Jack A., Paul A. LeBuffe, and Valerie B. Shapiro. “Assessment of Social-Emotional Competencies Related to Resilience.” In Handbook of Resilience in Children, edited by Sam Goldstein and Robert B. Brooks, 261–72. Boston, MA: Springer US, 2013. https://doi.org/10.1007/978-1-4614-3661-4_15.
Nawabudin, Abdurrab. “Teknik Menghafal Al-Qur’an.” Bandung: Sinar Baru, 1991.
Raya, Moch Khafidz Fuad. “Terapi Komunikasi Terapeutik Islam Untuk Menanggulangi Gangguan Psikologis Anak Korban Bullying.” In PROCEEDINGS: Annual Conference for Muslim Scholars, 321–329, 2018.
Shihab, M. Quraish. Membumikan Al-Quran: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat. Bandung: Mizan Pustaka, 2007.
———. Mukjizat Al-Quran: Ditinjau dari Aspek Kebahasaan, Aspek Ilmiah, dan Pemberitaan Gaib. Mizan Pustaka, 1997.
Ulum, Khozainul. “Dialek Dan Bacaan Dalam Al-Quran: Mengurai Perbedaan Antara Sab’ah Ahruf Dan Qira’ah Sab’ah.” Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman 5, no. 2 (September 1, 2015). https://doi.org/10.36835/hjsk.v5i2.2184.
Weatherwax, Joy, and E. P. Benoit. “Concrete and Abstract Thinking in Organic and Non-Organic Mentally Retarded Children.” American Journal of Mental Deficiency 62 (1957): 548–53.
Yahya, Harun. Miracles of the Qur’an. Vol. 271. by: Al-Attique Publishers Inc. Canada, 1994.

Downloads

Published

2019-07-30

How to Cite

Raya, Moch. Khafidz Fuad. 2019. “Kajian Psikologis Taḥfiẓ Al-Qur’an Anak Usia 6-12 Tahun”. Jurnal Pendidikan Islam 9 (1):1-11. https://ejournal.uiidalwa.ac.id/index.php/jpi/article/view/198.

Issue

Section

Articles