Aktualisasi Nilai-Nilai Al-Qur’an dalam Implementasi Pendidikan Karakter di Era Revolusi Industri 4.0

Authors

  • M Sholah Ulayya Institut Agama Islam Darullughah Wadda'wah Pasuruan

Keywords:

Nilai Al-Qur’an, pendidikan karakter, revolusi industri 4.0

Abstract

Al-Qur’an merupakan kitab mulia yang berisi kalam Allah Swt yang terkandung nilai-nilai universal, untuk menjawab segala persoalan yang dihadapi oleh umat manusia, termasuk kemajuan di zaman ini. Perkembangan revolusi industri telah memunculkan teknologi terbarukan dengan berbagai ragam bentuk, fungsi serta kecanggihan yang luar biasa, maka pada diri setiap manusia juga akan timbul keinginan untuk mengikutinya dan mengakibatkan pada daya saing yang cukup tinggi dalam memenuhi kebutuhan di bidang teknologi, mulai dari kalangan dewasa hingga anak-anak. Teknologi dapat mempengaruhi cara kerja otak manusia dan secara perlahan dapat mengubah karakter seseorang tersebut. Pendidikan karakter di Indonesia didasarkan pada delapan belas pilar karakter dasar yang menjadi tujuan pendidikan kaarkter. Kedelapan belas karakter dasar ini adalah: religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokrasi, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat dan komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Akankan nilai Al-Qur’an dapat terealisasi dalam implementasi pendidikan karakter yang zaman saat ini mengalami perubahan paradigma pendidikan menyongsong revolusi indistri 4.0.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-07-03

How to Cite

Ulayya, M Sholah. 2020. “Aktualisasi Nilai-Nilai Al-Qur’an Dalam Implementasi Pendidikan Karakter Di Era Revolusi Industri 4.0”. Jurnal Pendidikan Islam 7 (1):29-49. https://ejournal.uiidalwa.ac.id/index.php/jpi/article/view/186.

Issue

Section

Articles