Strategi Ustadz dalam Meningkatkan dan Menjaga Hafalan Alquran Santri di Pondok Pesantren

Authors

  • M. Akhsanudin Universitas Islam Internasional Darullughah Wadda'wah Pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.38073/aljadwa.v3i2.1603

Keywords:

Strategy, Ustadz, Santri, Memorizing the Qur’an

Abstract

Memorizing the Qur'an is one form of human effort to get closer to Allah through His words. This research uses a qualitative approach with descriptive research and case studies to explore the Ustadz's strategy in improving and maintaining students' memorization of the Alquran at the Darullughah IV Islamic Boarding School. The results of this research are careful planning, which includes memorization methods, memorization maintenance, memorization targets, and strategies for overcoming obstacles. The mutqin method used has been proven effective in helping students memorize the Koran properly and correctly. Efforts to maintain memorization through muraja'ah, tasmi' programs, and other repetition strategies have helped students maintain and strengthen their memorization. Apart from that, teaching about tahsin has also improved the quality of reading the Koran in class, by ensuring that students read correctly according to the rules of tajwid.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriana, Karmila. “URGENSI PERENCANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM PENDIDIKAN DI SEKOLAH.” Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab 1, no. 1 (2015). https://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/22.

Arsyad, Junaidi. “MENDIDIK ANAK DALAM PERSPEKTIF IBNU SINA: GAGASAN DAN PEMIKIRANNYA.” Jurnal Raudhah 7, no. 2 (16 Oktober 2019). https://doi.org/10.30829/raudhah.v7i2.510.

As, Abdullah Abdurrohman, Mujiburrohman, dan Praptiningsih. “STRATEGI GURU TAHFIDZ DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN AL QURAN DI PONDOK PESANTREN ISLAM TERPADU AL HUDA WONOGIRI TAHUN 2023-2024.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8, no. 2 (30 September 2023): 3608–22. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10212.

Bahrin, Siti Rahma. “Upaya Guru Tahfidz Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Pada Santri Tahfidz Di Pondok Pesantren Ibn Jauzi.” Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam 14, no. 1 (2 Juni 2022). https://doi.org/10.30596/intiqad.v14i1.10038.

Chan, Faizhal, Agung Rimba Kurniawan, Nurmaliza, Novia Herawati, Rendi Nur Efendi, dan Jihan Sri Mulyani. “Strategi Guru Dalam Mengelola Kelas Di Sekolah Dasar.” International Journal of Elementary Education 3, no. 4 (30 November 2019): 439–46. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21749.

Fatdila, Liana, Heri Cahyono, dan Sujino Sujino. “Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Dengan Metode Tikrar Arbain Pada Santri Dirumah Qur’an Al-Izzah Kota Metro.” PROFETIK: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Agama Islam 3, no. 1 (1 November 2022): 17–23. https://doi.org/10.24127/profetik.v3i1.3060.

Hardani, Hardani, Jumari Ustiawaty, Helmina Andriani, ria istiqomah, Dhika Sukmana, Roushandy Fardani, nur auliya, dan Evi Utami. Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu, 2020.

Hidayat, Nur. “Kolaborasi Guru Kelas Dan Tahfidz Dalam Meningkatkan Konsep Diri Peserta Didik Kelas Atas Penghafal Al-Qur’an Di Sdit Baik.” ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal 6, no. 2 (2018): 301–13. https://doi.org/10.21043/elementary.v6i2.4393.

Junaidah, Junaidah. “Strategi Pembelajaran Dalam Perspektif Islam.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 1 (14 Mei 2015): 118–33. https://doi.org/10.24042/atjpi.v6i1.1488.

Kholidin, Nurul Hidayati Murtafiah, dan Muhammad Yaskur. “STRATEGI GURU TAHFIDZ DALAM MENINGKATAN HAFALAN AL QURAN PADA SISWA.” UNISAN JURNAL 3, no. 2 (28 Februari 2024): 99–107.

Maarif, Harun, dan Abdul Muhid. “METODE HAFALAN DI PONDOK PESANTREN DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGI.” Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam 8, no. 2 (16 Agustus 2022): 851–64. https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i2.282.

Saputri, Septia Nur, Tarsono Tarsono, dan Hasbiyallah Hasbiyallah. “Fenomena Lupa dalam Hafalan Kitab Santriwati (Berdasarkan Tinjauan Teori Decay dan Teori Interferensi).” Jurnal Studia Insania 11, no. 1 (23 Agustus 2023): 1–15. https://doi.org/10.18592/jsi.v11i1.8604.

Sari, Mela Amelia, Yandi Suryana, dan Usman Faqih. “Strategi Guru Tahfidz Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Juz 30 Pada Siswa Kelas VII Di SMP IT An-Nuur Cikadu Palabuhanratu.” Murid : Jurnal Pemikiran Mahasiswa Agama Islam 1, no. 1 (29 April 2023): 31–48. https://doi.org/10.51729/murid.11103.

Syah, Zaimir, Rusydi Am, dan Charles. “Guru Profesional Dalam Perspektif Al Quran Dan Hadis.” Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia 1, no. 2 (6 Desember 2022): 69–82. https://doi.org/10.31004/jpion.v1i2.23.

Syaharuddin, Syaharuddin, Abd Rahim Mas P. Sanjata, dan Ahmad Najib. “Strategi Guru Tahfidz Dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an Santri Aliyah Di Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an An-Nail Wi Kabupaten Gowa.” Referensi 1, no. 2 (31 Desember 2023). https://journal.pascasarjana-uim.ac.id/index.php/referensi/article/view/79.

Downloads

Published

2024-03-16

How to Cite

Akhsanudin, M. 2024. “Strategi Ustadz Dalam Meningkatkan Dan Menjaga Hafalan Alquran Santri Di Pondok Pesantren”. Al-Jadwa: Jurnal Studi Islam 3 (2):182-91. https://doi.org/10.38073/aljadwa.v3i2.1603.