Kurikulum Pendidikan dalam Kajian Al-Qur'an dan Hadits Tematik

Authors

  • Umi Mahmudah Madrasah Tsanawiyah Negeri 06 Jombang, Jawa Timur

Keywords:

kurikulum, pendidikan, Al-Qur’an, Hadits

Abstract

Dalam pendidikan, kurikulum merupakan jantung dari sebuah lembaga pendidikan yang di dalamnya memuat bagaimana proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil proses pembelajaran. Namun kurikulum yang berkembang di Indonesia merupakan adopsian dari berbagai macam model kurikulum dan juga sering mengalami pergantian kurikulum. Hal ini tentu saja membuat berbagai jenis sekolah baik sekolah umum maupun sekolah yang berbasis agama atau madrasah tidak mempunyai prinsip kurikulum yang sesuai dengan nilai-nilai Keislaman. Oleh karena itu artikel ini telah membahas tentang kurikulum pendidikan dalam Kajian Tematik Al-Qur’an Hadits, dalam aspek ontologi, epistemolgi dan aksiologi sehingga akan cocok digunakan di lembaga pendidikan madrasah.

Dalam aspek ontologi telah dibahas secara detil pengertian kurikulum itu sendiri dari mulai etimologi sampai secara terminologi. Pada aspek epistemologi kita mengetahui bagaimana Al-Qur’an telah mengajarkan kita cara-cara/metode mengajar kepada peserta didik. Dan juga dibahas tentang bagaimana penerapan kurikulum pendidikan pada masa Rasulullah dan contoh penerapan kurikulum di masa sekarang

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-04-20

How to Cite

Mahmudah, Umi. 2019. “Kurikulum Pendidikan Dalam Kajian Al-Qur’an Dan Hadits Tematik”. Jurnal Pendidikan Islam 8 (1):95-128. https://ejournal.uiidalwa.ac.id/index.php/jpi/article/view/104.

Issue

Section

Articles