Persepsi Pedagang Terhadap Produk Pembiayaan Usaha Bank Syariah di Pasar Bulak Banteng Surabaya

Authors

  • Faruk Abdurrohim STAI Al-Fitrah Surabaya
  • M Robi'in Institut Agama Islam Darullughah Wadda'wah Bangil Pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.38073/dies.v1i1.597

Keywords:

Perception, Traders, Business Financing Product

Abstract

Working capital financing or syariah financing is a financing facility provided to individuals, business entities or legal entities for working capital needs. The purpose of this study is to analyze the knowledge and profession togethet to influence traders’ perceptions of Islamic business financing products. The research method used ia a quantitative method. The test results prove there is a dominant influence between knowledge of business financing products. Through the calculation results that have been carried out obtained a significant level of 0.001 results is smallet than 0.005 meaning that there is a significant influence between knowledge of business financing products on traders in the bull bull market. Furthermore, the test results prove there is a dominant influence between professions on business financing products. Through the results of calculations that have been carried out, the significance level of the results of 0.003 is less than 0.05. which means that there is a significant influence between the profession on business financing products for trafers on the bull market.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiwarman Karim, Bank Islam : Analisis Fiqih dan Keuangan, (Jakarta, Raja Grafindo Persada, 2017)

Ahmad Fauzi, Psikologi Umum (Bandung, Pustaka satria, 2014)

Arifin, Zainul, Dasar-Dasar Manajemen Bank Syariah (Jakarta: Pustaka Alvabet, 2006).

Arikunto, Suharsimi, Manajemen Penelitian(Jakarta:PT RINEKA CIPTA,2013).

Ascarya, Akad dan Produk Bank Syariah, (Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2012).

Astuty, Sri. AnalisisPersepsi Masyarakat terhadap Bank Syariah di Kabupaten Polewali Mandar Sulawesi Selatan (ArtikelI lmiah. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi: Univesitas Sulawesi Barat, 2015).

Azwar, SikapManusia, (Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2016)

Azwar, SikapManusia, Teori Dan Pengukurannya, (Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2017)

Bimo Walgito, Pengantar Psikologi Umum, (Surabaya, Bina Ilmu, 2012)

Burhanudin Susanto, Hukum Perbankan Syariah di Indonesia, (Yogyakarta, UII Press, 2014) Caroline, Metode Kuantitatif (Surabaya: Media SahabatCendekia, 2016).

D Sari, Pelaksanaan Akad Pembiayaan Mudharabah Pada PT.BPRS Berkah dan Fadhlillah Air Tiris, diakses di repository.uinsuska.ac.id ,Pada tanggal 20 Mei 2019.

Dahlan Siamat, Manajemen Lembaga Keuangan (Jakarta, FE UI, 2014)

Dawan Rahardjo, Islam dan transformasi Sosial-Ekonomi, (Jakarta, Salemba Empat, 2014)

Dede Aji Mardani, “Peran Perbankan Syariah dalam Mengimplementasikan Keuangan Inklusif di Indonesia” Jurnal al afkar vol.1.No.1 Januari 2017.

Dedy Mulyana, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar (Bandung, PT. Remaja, 2012)

Dhurandhoro, Pemetaan Persepsi, (Yokyakarta, Pustaka Belajar, 2015)

Diana Angelica, Perilaku Organisasi (Jakarta, salembaempat, 2012)

Dwi Ana Ratna, Pengaruh Persepsi Masyarakat tentang Perbankan Syariah terhadap Minat Menabung di Bank Syariah (Skripsi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta,2017).

Ghozali, Imam, Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program IBM SPSS 19 (Semarang: Undip, 2011)

Iskandar, metodologi penelitian pendidikan dan social kuantitatif dan kualitatif (Jakarta: GaungPersada Press, 2008).

Ismail, Perbankan Syariah, (Jakarta, Penerbit Kencana Prenada Media Group, 2013)

Jonathan, Sarwono, Statistik Multivariat Aplikasi Untuk RisetS kripsi (Yogyakarta: CV Andi Offset, 2013).

Kasmie, Bank dan Lembaga KeuanganLainnya, (Jakarta, PT. Raja Grafindo, 2013)

Kasmir, Manajemen Perbankan (Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada, 2015)

Latifa M. Alqaoud dan Mervyn K. Lewis, Perbankan Syariah (Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta, 2001).

Lukman Dendawijaya, Manajemen Perbankan (Bogor, Ghalia Indonesia, 2015)

M. Nur Rianto Al-Arif, Lembaga Keuangan Syariah Suatu Kajian Teoritis Praktis (Bandung, CV Pustaka Setia, 2015)

Mar’at, Sikap Manusia Perubahaan Serta Pengukurannya (Jakarta, Ghalia Indonesia, 2012)

Muhammad, Manajemen Bank Syari’ah (Yogyakarta, YKPMN, 2015)

Mulawarman, Dedi Aji, Menyibak Akuntansi Syariah: Rekonstruksi Teknologi Akuntansi Syariah dari Wacana ke Aksi, (Yogyakarta, KreasiWacana, 2016)

Mulawarman, Dedi Aji, Menyibak Akuntansi Syariah: Rekonstruksi Teknologi Akuntansi Syariah dari Wacanake Aksi, (Yogyakarta, KreasiWacana, 2016)

Notoatmodjo, Pendidikan dan Perilaku, (Jakarta, RinekaCipta, 2014)

Nur Riyanto Al Arif, Dasar-dasar Pemasaran Bank Syariah, (Bandung, Alfabeta, 2016)

Pengaruh Pengetahuan Pedagang Tentang Produk Perbankan Syariah Dalam Meningkatkan Minat Menggunakan Jasa Perbankan Syariah Studi Pada Pedagang Pasar Simpang Pulai Jambi (Mardiah, 2016)

Pengaruh Persepsi Masyarakat Dan Produk Pembiayaan Bank Dalam Meningkat Jumlah Nasabah Pada Bprs Metro Madanika Kantor Cabang Tulung Bawang (Warandita Reskhi Lania, 2017)

Pengaruh Persepsi Masyarakat Tentang Perbankan Syariah Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah (Dwi Ana Ratna Utami, 2017)

Philip Kotler dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran, (Jakarta, Erlangga, 2013)

Rita L. Atkinson, Pengantar Psikologi, (Jakarta, Erlangga, 2014)

Rivai, Islamic Financial Management (Jakarta, PT Raja Grafindo Persada, 2017)

Straub dan Attner dalam Yusanto dan Widjajakusuma, Menggagas Bisnis Islami, Jakarta:Gema Insani Press,2002.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & G, (Bandung: Alfabeta, 2013).

Sukrisno, Agoes, Etika Bisnis dan Profesi: Tantangan Membangun Manusia Seutuhnya, (Jakarta, SalembaEmpat, 2015)

Supranto, Johannes, Riset Operasi (Untuk Pengambilan Keputusan) (Jakarta: UI Press, 1987).

Yusuf, Muri, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan (Jakarta : Prenada Media Group, 2014

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Abdurrohim, Faruk, and M Robi’in. 2022. “Persepsi Pedagang Terhadap Produk Pembiayaan Usaha Bank Syariah Di Pasar Bulak Banteng Surabaya”. Dalwa Islamic Economic Studies: Jurnal Ekonomi Syariah 1 (1):15-28. https://doi.org/10.38073/dies.v1i1.597.