KEWAJIBAN KEPALA KELUARGA DALAM MENGREALIASASIKAN KELUARGA SAKINAH

Authors

  • Kasmaluddin Institut Agama Islam Darullughah Wadda'wah Bangil Pasuruan
  • M. Islach Institut Agama Islam Darullughah Wadda'wah

DOI:

https://doi.org/10.38073/rasikh.v10i1.802

Keywords:

Kepala Keluarga, Keluarga Sakinah, Masjid

Abstract

Research ini dilatar belakangi oleh jama’ah Masjid Jami’ Al-Istiqomah. Menilik masyarakat di sekitar masjid Jami’ Al Istiqomah dahulunya enggan jika diajak mengikuti aktifitas di masjid dan susah untuk berjamaah di masjid. Akan tetapi setelah adanya berbagai macam upaya dari takmir masjid, kini Masjid Jami’ Al-Istiqomah menjadi wadah dalam penyaluran ‘Ulumud Diin (ilmu pengetahuan agama) dan menjadi tempat bagi masyarakat untuk mencari-cari solusi dalam persoalan agama dan aktifitas sehari-hari. Dari kepercayaan tersebut masyarakat aktif  mengikuti kajian yang diselenggarakan oleh Masjid Jami’ Al Istiqomah

Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif serta jenis penelitian deskriptif dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi, dimana dalam penelitian ini menggali tentang kepala keluarga dalam membina keluarga sakinah di masjid Jami’ Al Istiqomah.

Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa Kewajiban Dalam Mewujudkan Keluarga Sakinah Yang Dilakukan Kepala Keluarga di Masjid Jami’ Al Istiqomah menunjukkan adanya perubahan yang mampu dirasakan bersama, seperti saling menyebar kebaikan, mampu menambah wawasan para jama’ah dan menambah kedewasaan dan kematangan berfikri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmed, Wahaj D. “On Scientific Miracles in the Qur’an.” JIMA 42 (2010): 54.

Al Hafidz, Ahsin W., and KH Muntaha Al Hafidz. Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Bumi Aksara, 1994.

Al-Qardhawi, Dr Yusuf. Bagaimana Berinteraksi Dengan Al-Qur’an. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 1999.

Al-Sha’rawi, Syaykh Muhammad Mitwalli. “The Miracles of the Quran.” Baker Street, London: Dar Al-Taqwa Ltd, 1980.

Artanto, Duma Rachmat. “Konsep Tuhan pada Anak Usia Akhir Operasional Konkret.” Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi 11, no. 21 (January 16, 2006): 5–21. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol11.iss21.art1.

Boyle, Helen N. “Memorization and Learning in Islamic Schools.” Comparative Education Review 50, no. 3 (August 1, 2006): 478–95. https://doi.org/10.1086/504819.

Dian Ibung. Stres Pada Anak (usia 6 - 12 Tahun). Jakarta: Elex Media Komputindo, 2008.

Febrianingsih, Dian. “Sejarah Perkembangan Rasm Utsmani.” AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman 2, no. 2 (January 5, 2016): 293–311.

Fuad, Nashori. “Potensi-Potensi Manusia.” Seri Psikologi Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, Cet. II, 2005.

Goldstein, Sam, and Robert B. Brooks. “Resilience in Children.” New York: Springer. Gooding, HC, Milliren, CE, Austin, SB, Sheridan, MA, & McLaughlin, KA (2016). Child Abuse, Resting Blood Pressure, and Blood Pressure Reactivity to Psychological Stress. Journal of Pediatric Psychology 41 (2005): 5–12.

Gus Arifin, and Suhendri Abu Faqih. Al-Qur’an Sang Mahkota Cahaya. Surabaya: Elex Media Komputindo, 2010.

Harms, Ernest. “The Development of Religious Experience in Children.” American Journal of Sociology 50, no. 2 (September 1, 1944): 112–22. https://doi.org/10.1086/219518.

Ichsan, Muhammad. “Sejarah Penulisan dan Pemeliharaan Al-Qur’an pada Masa Nabi Muhammad SAW dan Sahabat.” SUBSTANTIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin 14, no. 1 (April 11, 2012): 1–8. https://doi.org/10.22373/subtantia.v14i1.4833.

Iida, Yukako, Makoto Miyazaki, and Sunao Uchida. “Developmental Changes in Cognitive Reaction Time of Children Aged 6–12 Years.” European Journal of Sport Science 10, no. 3 (May 1, 2010): 151–58. https://doi.org/10.1080/17461390903515162.

Jasmi, Kamarul Azmi. “Al-Quran Satu Mukjizat Yang Menakjubkan.” Penciptaan Manusia Dari Perspektif Al-Quran. Skudai, Johor Bahru: Universiti Teknologi Malaysia Pres, 2013.

Machmud, Ammar. Kisah Penghafal Al-Qur`an. Surabaya: Elex Media Komputindo, 2015.

Naglieri, Jack A., Paul A. LeBuffe, and Valerie B. Shapiro. “Assessment of Social-Emotional Competencies Related to Resilience.” In Handbook of Resilience in Children, edited by Sam Goldstein and Robert B. Brooks, 261–72. Boston, MA: Springer US, 2013. https://doi.org/10.1007/978-1-4614-3661-4_15.

Nawabudin, Abdurrab. “Teknik Menghafal Al-Qur’an.” Bandung: Sinar Baru, 1991.

Raya, Moch Khafidz Fuad. “Terapi Komunikasi Terapeutik Islam Untuk Menanggulangi Gangguan Psikologis Anak Korban Bullying.” In PROCEEDINGS: Annual Conference for Muslim Scholars, 321–329, 2018.

Shihab, M. Quraish. Membumikan Al-Quran: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat. Bandung: Mizan Pustaka, 2007.

———. Mukjizat Al-Quran: Ditinjau dari Aspek Kebahasaan, Aspek Ilmiah, dan Pemberitaan Gaib. Mizan Pustaka, 1997.

Ulum, Khozainul. “Dialek Dan Bacaan Dalam Al-Quran: Mengurai Perbedaan Antara Sab’ah Ahruf Dan Qira’ah Sab’ah.” Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman 5, no. 2 (September 1, 2015). https://doi.org/10.36835/hjsk.v5i2.2184.

Weatherwax, Joy, and E. P. Benoit. “Concrete and Abstract Thinking in Organic and Non-Organic Mentally Retarded Children.” American Journal of Mental Deficiency 62 (1957): 548–53.

Yahya, Harun. Miracles of the Qur’an. Vol. 271. by: Al-Attique Publishers Inc. Canada, 1994.

Downloads

Published

2021-07-07

How to Cite

Kasmaluddin, and M. Islach. 2021. “KEWAJIBAN KEPALA KELUARGA DALAM MENGREALIASASIKAN KELUARGA SAKINAH”. Al-Rasῑkh: Jurnal Hukum Islam 10 (1):1-14. https://doi.org/10.38073/rasikh.v10i1.802.