Optimalisasi Media Sosial sebagai Sarana Dakwah Interaktif di Ma’had Aly Ilmu Yaqin Makassar
DOI:
https://doi.org/10.38073/ilhami.v1i01.2506Keywords:
Dakwah Digital, Media Sosial, Interaksi AudiensAbstract
Perkembangan teknologi digital telah membawa perubahan yang signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam bidang dakwah Islam. Media sosial kini menjadi instrumen yang efektif dalam menyampaikan pesan-pesan keislaman secara lebih luas dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana optimalisasi media sosial dapat digunakan sebagai sarana dakwah interaktif di Ma’had Aly Ilmu Yaqin Makassar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, di mana data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, serta analisis konten media sosial pesantren. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial memiliki peran yang signifikan dalam mendukung dakwah interaktif di pesantren. Platform seperti Instagram, YouTube, TikTok, dan Facebook digunakan untuk menyebarkan pesan dakwah dalam berbagai format, seperti video pendek, infografis, serta sesi live streaming yang memungkinkan interaksi dua arah antara pendakwah dan audiens. Dakwah digital ini memberikan akses yang lebih luas bagi masyarakat untuk mendapatkan pemahaman keislaman tanpa terbatas oleh ruang dan waktu. Namun, dalam implementasinya, ditemukan beberapa tantangan yang perlu diatasi, seperti keterbatasan literasi digital di kalangan pendakwah, perubahan algoritma media sosial yang memengaruhi jangkauan konten, serta persaingan dengan konten non-religius yang lebih menarik bagi audiens muda. Oleh karena itu, strategi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan efektivitas dakwah digital meliputi pelatihan literasi digital bagi pendakwah, diversifikasi format konten, pengelolaan media sosial secara profesional, serta kolaborasi dengan influencer Muslim untuk meningkatkan jangkauan audiens. Penelitian ini menyimpulkan bahwa optimalisasi media sosial sebagai sarana dakwah interaktif di Ma’had Aly Ilmu Yaqin Makassar memiliki potensi besar dalam meningkatkan efektivitas penyebaran ajaran Islam.
Downloads
References
Al-‘Akk, K. A. (2016). Cara Islam Mendidik Anak (H. M. H. Hamdi & M. F. Alif, Trans.). Jogjakarta: Ad-dawa.
Amala, M. R. (2022). Pola komunikasi orang tua dengan anak penggunaan gadget aktif dalam perkembangan karakter anak di Pekanbaru. Skripsi.
Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). Sage Publications.
Djamarah, S. B. (2014). Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, S. B. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga Upaya Membangun Citra Membentuk Pribadi Anak. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamid. (2014). Reinforcement (Penguatan). Dalam Fitriani dkk.
Junaidi, A. (2024, Juni 8). Wawancara Pribadi.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). Sage Publications.
Neuman, W. L. (2014). Social research methods: Qualitative and quantitative approaches (7th ed.). Pearson Education Limited.
Nurfadilah, M. F. I. (2021). Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. FKIP Universitas Sebelas Maret, 10(1), 69–76.
Patton, M. Q. (2015). Qualitative research & evaluation methods: Integrating theory and practice (4th ed.). Sage Publications.
Permatasari, D. A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Negeri Yogyakarta, 6(2).
Purwanto, M. N. (2019). Punishment.
Rudi. (2024, Juni 11). Wawancara Pribadi.
Sarnoto, A. Z. (2002). Pengantar Ilmu Komunikasi. Bekasi: Pustaka Faza Amanah.
Skinner, B. F. (1953). Science and Human Behavior. New York: Macmillan.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.
Yoanita, D. (2022). Pola komunikasi keluarga di mata Generasi Z. Jurnal SCRIPTURA, 12(1), 33–42.
Zain, N., et al. (2021). Cahaya Mutiara Tarbiyah: Sehimpun Kisah, Visi, dan Peta Pendidikan Keluarga bersama Home Schooling Keluarga Peradaban. Penerbit Pustaka Rumah Cinta.

Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Reiza Praselanova, Quiz Al Qurny

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.