DINAMIKA PENDIDIKAN ISLAM DI PONDOK PESANTREN MODERN AR RISALAH KOTA LUBUKLINGGAU SUMATERA SELATAN 1994-2018 M

Authors

  • peni Nurs Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Mizuar Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Rakai Hino Galeswangi Universitas Islam Internasional Darullughah Wadda'wah Pasuruan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.38073/batuthah.v2i1.1064

Keywords:

Dynamics, Education System, Pesantren

Abstract

Pesantren dikenal sebagai pusat pendidikan tradisional yang tetap eksis hingga saat ini. Meski begitu dalam diskursusnya pesantren, mengalami dinamika dalam sistem kurikulumnya, seperti halnya Pesantren Modern Ar Risalah ini. Tujuan dari siset ini untuk mengetahui sejarah berdirinya, dsistem kurikulum pendidikan, serta respon dari dikamika dalam pendidikan di Pesantren Ar Risalah. Riset artikel ini merupakan kajian lapangan, yang dalam metodenya menggunakan metode sejarah dengan adanya empat tahap yakni, heuristic, kritik, interprestasi, dan historiografi. Hasilnya dikatakan bahwa Pondok Pesantren Modern Ar Risalah didirikan oleh seorang tokoh yang bernama K. H. Syaiful Hadi pada tahun 1994 M. atas saran dari gurunya untuk berdakwah di daerah Sumatera Selatan, dikawasan Lubuklinggau menggingat daerah tersebut dulunya merupakan, kawasan perjudian, minum-minuman, maling. Mulanya hanya mengadakan pengajian majelis taklim di musholla, surau. Kemudian mendapat dukungan para jamaah untuk mendirikan pondok pesantren guna mendidik agama Islam bagi anak-anak. Masa awal berdirinya 1994, Pesantren Modern Ar Risalah sistem kurikulumnya sebatas menyelenggarakan program khusus, yakni pengajaran kitab-kitab fiqih, akhlak, hadits, tajwid, tauhid, serta ilmu keislaman. 1998, sistem kurikulumnya terdapat perubahan tambahan pendidikan formal yang menkombinasikan pendidikan pesantren dan nasional. 2007, terjadi perubahan sistem kurikulum dengan menambahkan ekstrakurikuler. Sistem kurikulum pendidikan Pesantren Modern Ar Risalah terdapat beberapa metode pengajar yakni, metode ceramah, metode keteladanan, metode diskusi, metode demontrasi, metode sorogan, serta metode bandongan dan wetonan. Dinamika sistem pendidikan yang ada di Pesantren Modern Ar Risalah dipicu oleh beberapa faktor yakni, pertama pemimpin. Kedua ilmu pengetahuan dan tekhnologi (IPTEK). Dan Ketiga globalisasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adib, H. Mahmud dan Khoiron Durori. Model-Model Pembelajaran Di Pesantren. Jakarta: Media Nusantara, 2006.

A’la, M. Dian Nafi dan Abd. Praksis Pembelajaran Pesantren. Yogyakarta: Instite For Training and Development, 2007.

Arif, Mahmud. Pendidikan Islam Tranformatif. Yogyakarta: LKiS, 2008.

Bawani, Imam. Tradisionalisme Dalam Pendidikan Islam. Surabaya: Al- Ikhlas, 1970.

Chirzin, M. Habib. Agama Dan Ilmu Dalam Pesantren. Jakarta: LP3ES, 1983.

Dhofier, Zamakhsyari. Tradisi Pesantren Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3ES, 1985.

Fadjar, A. Malik. Madrasah Dan Tantangan Modernitas. Bandung: Mizan, 1998.

Fahmi, K. H. Atiq. Wawancara terkait diskursus dinamika Pesantren Modern Ar Risalah, Desember 2022.

Hadi, K. H. Syaiful. Wawancara tentang Sejarah Berdirinya Pesantren Modern Ar Risalah di Pesantren Modern Ar Risalah, Desember 2022.

Hariri, Ustadz. Wawancara terkait kurikulum Pesantren Modern Ar Risalah di Pesantren Modern Ar Risalah, Desember 2022.

Iman, dkk, Fauzul. Pesantren Dan Perubahan Sosial Di Banten. Serang: LP2M IAIN SMH Banten, 2016.

Khoiriyah. Manajemen Pesantren Di Era Globalisasi. Surabaya: Airlangga University Press, 2022.

Mastuhu. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: INIS, 1994.

Munawiroh. Pesantren Salafiyah Dan Wajib Belajar Di Metropolitan. Jakarta: Pendidikan Deepublish, 2019.

Musadaq, Ustadz Anwar. Wawancara terkait perkembangan dan sistem pendidikan Pesantren Modern Ar Risalah, Desember 2022.

Mustajab. Masa Depan Pesantren: Telaah Atas Model Kepemimpinan Dan Manajemen Pesantren Salaf. Yogyakarta: LKiS, 2015.

Qomaruddin, Ustadz. Wawancara terkait kurikulum dan jenis kitab-kitab yang digunakan oleh santri Pesantren Modern Ar Risalah di Pesantren Modern Ar Risalah, Desember 2022.

Saifullah, Andi. “PROFIL PESANTREN MODERN AR-RISALAH LUBUKLINGGAU,” n.d. https://www.arrisalahlubuklinggau.com/profil-pesantren-modern-arrisalah/.

Satriadi, Ustadz Budi. Wawancara terkait kegiatan ekstrakurikuler santri di Pondok Pesantren Modern Ar Risalah, Desember 2022.

Sauqi, Ustadz Muhammad. Wawancara terkait kegiatan santri dalam penunjang skill di Pesantren Modern Ar Risalah, Desember 2022.

Sutikno, M. Sobry. Metode & Model-Model Pembelajaran. Lombok: Holistica, 2014.

Takdir, Mohammad. Modernisasi Kurikulum Pesantren. Yogyakarta: IRCiSoD, 2018.

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Nurs, peni, Mizuar, and Rakai Hino Galeswangi. 2023. “DINAMIKA PENDIDIKAN ISLAM DI PONDOK PESANTREN MODERN AR RISALAH KOTA LUBUKLINGGAU SUMATERA SELATAN 1994-2018 M”. Batuthah: Jurnal Sejarah Padaban Islam 2 (1):17-32. https://doi.org/10.38073/batuthah.v2i1.1064.